Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan Saat Hamil

 

Penyebab keputihan saat hamil, Keputihan Saat Hamil muda

Penyebab keputihan saat hamil pada wanita sering disebabkan oleh infeksi virus, jamur dan bakteri. Hal ini biasanya disebabkan area kewanitaan tidak terawat kebersihannya dan sangat lembab. Penyebab utama keputihan pada wanita hamil sering disebabkan adanya infeksi jamur dan bakteri pada miss V.

Agar bisa menghindari dampak buruk nya, bunda harus tau apa saja penyebab keputihan saat hamil muda dan hamil tua, Dan dengan mengetahui apa saja bahaya keputihan pada ibu hamil, tentunya akan bisa melakukan tindakan pencegahan secepat mungkin.

Saat wanita mengalami keputihan di awal kehamilan, Terutama pada usia kehamilan di bawah 6 bulan pada awal trimester 3,  bisa menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya. Sehingga bisa menyebabkan kelahiran prematur dan bayi lahir cacat.

Keputihan pada wanita hamil memiliki resiko lebih besar terlebih jika itu keputihan yg abnoramal dengan ciri gatal, berbau, berwarna kuning dan berlebihan.

Untuk lebih jelasnya silahkan bunda simak penjelasan dalam artikel ini.

 

APA PENYEBAB KEPUTIHAN SAAT HAMIL ??

penyebab keputihan saat hamil, bahaya keputihan pada ibu hamil,

Ketika masa kehamilan, wanita mengeluarkan hormon dari dalam tubuh. bukan hanya itu saja, Kondisi ketika masa kehamilan bunda juga akan mengalami perubahan dalam hal fisik, fisiologis maupun psikologis. Pergantian kondisi tubuh tersebut butuh perhatian khusus, Apalagi ketika awalan kehamilan di trimester pertama. Karena kesehatan kehamilan pada saat itu sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan.

Yang harus diperhatikan adalah perubahan normalkah, atau ada perubahan terkait gangguan kesehatan kehamilan, seperti adanya keputihan yang berlebihan (abnormal) yang sering terjadi pada ibu hamil. Perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin oleh bidan ataupun dokter, karena setiap wanita memiliki kondisi dan perkembangan kesehatan yg berbeda.

Biasanya perubahan hormon pada saat hamil mengeluarkan cairan keputihan pada area kewanitaan, Hal itu wajar selama keputihan yang keluar adalah normal. Namun Jika keputihan terlalu berlebihan, apalagi menimbulkan rasa gatal dan bau tak sedap.

Baca Juga : Obat Keputihan Alami Crystal X

Maka harus diwaspadai karena keputihan berlebih seperti ini yg terjadi pada ibu hamil tergolong berbahaya. Penyebab keputihan saat hamil terjadi karena adanya infeksi jamur, dan berkembangnya kuman pada daerah kewanitaan. Ketika keadaan tersebut terjadi harus segera ditangani secara cepat dan tepat.

 

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Keputihan pada wanita hamil memang biasa terjadi hal itu disebabkan adanya perubahan hormonal pada tubuh. Selain dari faktor hormonal penyebab keputihan saat hamil juga bisa disebabkan oleh hal lain, penyebab utamanya adalah munculnya virus, bakteri, jamur dan parasit jahat penyebab keputihan.

Penyebab keputihan saat hamil, Keputihan Saat Hamil muda, keputihan pada wanita hamil,

Pada wanita hamil, aliran darah pada daerah kewanitaan lebih tinggi dari biasanya juga termasuk volume cairan yang berada pada area Miss V. Cairan Vagina ini sebetulnya memiliki fungsi dan peran penting jika dalam keadaan normal, yaitu menghindari infeksi pada rahim.

Yang sering menjadi masalah, Cairan pada Vagina tersebut sering di tumbuhi parasit seperti jamur dan bisa juga terkontaminasi virus penyebab keputihan, sehingga fungsinya terganggu. Perawatan daerah sentisif tersebut menjadi sangat penting, terutama masalah kebersihannya. Penyebab keputihan saat hamil bisa diminimalisir dan di hindari dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

Pada dasarnya semua wanita hamil akan mengalami keputihan sampai masa persalinan, Keputihan yg normal, tidak gatal dan tidak berbau adalah keputihan yg tidak lah berbahaya.

Baca Juga : ANEH TAPI MUJARAB..!! Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami dan Cepat

Sebalik nya jika bunda mengalami keputihan berlebih, gatal dan berbau saat hamil, inilah yg berbahaya. Tanda keputihan yang tidak sehat biasanya berwarna kuning seperti susu kental, hingga berwarna agak hijau. Ketika tanda-tanda keputihan tersebut ada, sebaiknya hati-hati. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan.

 

Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda

Penyebab keputihan saat hamil muda pada wanita lebih sering karena infeksi jamur sejenis jamur candida sp. Jamur candida sp merupakan biang keladi dari munculnya keputihan abnormal pada ibu hamil, biasanya karena pada area kewanitaan sangat lembab dan kurang terawat.

Selain jamur candida sp, Penyebab keputihan saat hamil juga terjadi oleh adanya bakteri protozoa yakni thrichomonas v4ginalis. Jenis bakteri ini mengakibatkan cairan berwarna kehijauan, menimbulkan bau amis dan tidak sedap, cairan kewanitaan menjadi sangat kental, mengakibatkan adanya rasa nyeri ketika buang air kecil (kencing).

Bakteri lainnya yg juga menjadi penyebab keputihan pada ibu hamil adalah jenis bakteri bakteriosiis vagiinalies atau BV. Infeksi dari bakteri ini memiliki ciri diantaranya, keputihan berlebih, berwana keabu-abuan, ngilu pada dinding vagina, menimbulkan rasa perih. Cairan keputihan menjadi sangat kental dan berbau.

Selain jenis bakteri, Penyebab keputihan saat hamil muda, juga disebabkan oleh virus, yaitu human pailoma virus yang juga menjadi penyebab penyakit kutil kelamin.

Baca Juga : WASPADA..!! Penggunaan Antibiotik Keputihan Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dari semua penyebab keputihan tersebut, sumber utama dan pemicu timbulnya masalah keputihan pada ibu hamil adalah masalah kebersihan daerah kewanitaan bunda.

 

8 Bahaya Keputihan pada Ibu Hamil

Keputihan pada ibu hamil perlu diwaspadai, karna bisa menyebabkan bahaya untuk ibu ataupun bayi yang dikandungnya. Untuk bunda yang tengah hamil, hati-hati apabila mengalami keputihan. Potensi bahaya keputihan pada wanita hamil lebih besar dan beresiko. Terutama pada kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Ada 3 jenis keputihan yang sering terjadi pada ibu hamil, yakni Keputihan Jenis trikomoniasis, Keputihan Jenis Baterialis, serta Keputihan Jenis Kandiosis vulvovaginal. Jika keputihan saat hamil tidak segera diobati akan menimpulkan banyak dampak negatif yang berbahaya. Adapun bahaya dan bisa terjadi antara lain :

1. Perkembangan dan Kesehatan Janin Terganggu

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan

Efek negatif dari keputihan saat masa kehamilan yaitu Memburuk nya kesehatan janin dalam kandungan, Selain itu perkembangan janis menjadi sangat terganggu. Janin yang harusnya sehat dan bertumbuh dengan baik akan terganggu karena adanya virus atau jamur dan parasit pada kewanitaan. Bukan tidak mungkin akan menularkan juga penyakit pada tubuh janin. Organ pada janin akan terhambat dan tidak bisa bertumbuh, proses penyerapan nutrisi pun akan terganggu.

 

2. Bayi Lahir Prematur

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan, Bayi lahir prematur

Selain perkembangan dan kesehatan janin menjadi tergaggu, keputihan yg tidak di obati pada wanita hamil bisa membuat bayi terlahir prematur. Cairan keputihan abnormal yang kental dan berbau menyebabkan terjadinya iritasi pada bagian vulva.

Biasanya keputihan jenis ini juga menimbulkan rasa sakit pada saat bersetubuh. Rasa sakit,perih dan terasa panas, ini berasal dari iritasi di bagian vulva. Microorganisme candida albicans menjadi penyebabnya, Dan Bila tidak segera dihilangkan akan membuat bayi lahir secara prematur.

 

3. Ketuban pecah sebelumnya waktunya

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan, Ketuban Pecah Dini

Cairan keputihan abnormal yang diikuti dengan berwarna kekuningan, berbau amis serta menimbulkan rasa yang sangat gatal pada masa kehamilan. Keputihan ini merupakan Keputihan Jenis vaginosis bakterialis yang mengakibatkan ketuban pecah sebelumnya saatnya.

 

4. Menyebabkan Terjadinya Kontraksi Dini

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan, Kontraksi Dini

Keputihan tidak normal dapat juga mengakibatkan Menyebabkan Terjadinya Kontraksi Dini pada ibu hamil. Yang dimaksud Kontraksi Dini itu adalah adanya rasa mulas yang sangat menyakitkan, Perut dan otot menjadi kencang seperti akan melahirkan.

Biasanya juga menimbulkan rasa pegal pegal setelahnya. Jika kontraksi dini sering terjadi pada masa kehamilan dan tidak segera di atasi akan menyebabkan kelahiran prematur atau mengalami keguguran kandungan. Keadaan seperti ini biasa nya diberikan penguat kandungan oleh bidan atau dokter.

 

5. Berat Pada Tubuh Bayi Sangat Rendah

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan, Berat badan bayi rendah

Keputihan abnormal pada wanita hamil yang berbentuk iritasi di ruang genital, dengan ciri ciri munculnya rasa panas serta gatal. Kondisi yang kronis pada keputihan jenis ini akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada daerah vulva dan juga bagian paha dan perineum. Juga menimbulkan rasa sakit yg tidak wajar ketika bersetubuh.

Penyebab utama dari keputihan ini yaitu Microorganisme protozoa trichmonas vaginalis yang disebarkan lewat jalinan seksual. Microorganisme ini merusak sistem penyerapan nutrisi dalam kandunga sehingga membuat bayi terlahir dengan berat sangat rendah.

 

6. Terjadinya Epilepsi pada bayi

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan, epilepsi pada bayi

Keputihan yang disebabkan oleh Infeksi dari jenis jamur candida merusak kesehatan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Infeksi jamur ini jika tidak segera diatasi akan merusak sistem kekebalan tubuh dan sistem syaraf pada janin. Sehingga bisa menyebabkan bayi terserang penyakit epilepsi.

 

7. Menyebabkan Rusaknya Selaput Mata Pada Bayi

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan, kerusakan selaput mata pada bayi

Kerusakan selaput mata pada bayi bisa terjadi jika keputihan pada saat kehamilan dikibatkan oleh virus Neisserea Gonorrhoeae.

Virus ini menyerang organ genital ibu hamil. Dan ketika bayi dilahirkan secara normal akan terinfeksi virus ini. Bahaya utama yang ditimbulkan dari jenis virus Neisserea Gonorrhoeae ini adalah rusaknya jaringan selaput mata.

 

8. Bayi Terserang Infeksi

Keputihan pada wanita hamil memiliki banyak efek negatif bagi bayi. Bayi akan lebih mudah terifeksi karena jamur atau bakteri penyebab keputihan saat hamil bisa menembus bagian plasenta dan masuk kedalam ketuban. Terkontaminasinya air ketuban oleh bakteri akan menyebabkan bayi mudah terinfeksi berbagai penyakit, terutama infeksi pada alat kelamin bayi tersebut.

Penyebab keputihan saat hamil, Bahaya Keputihan bagi kehamilan,infeksi pada bayi

Jika keputihan tidak segera di obati, Saat lahir bayi daya tahan tubuh bayi sangat rendah dan akan terserang berbagai penyakit. Pada beberapa kasus, ada yang menyebabkan kematian. Karena ketika bayi dilahirkan sudah menderita penyakit tertentu akibat dari infeksi virus dari keputihan yang dialami ibu hamil.

Mencegah dan mengantisipasi munculnya penyebab keputihan saat hamil maupun bahaya nya lebih baik dilakukan sedini mungkin. Akan tetapi jika bunda terlanjur mengalami masalah keputihan saat masa kehamilan, segera lakukan tindakan pengobatan untuk bisa menghindari bahaya yang ditimbulkannya.

Cara mengatasi keputihan pada hamil harus dengan penanganan khusus dan hati-hati. Dalam pemberian obat keputihan pada wanita hamil pun tidak boleh sembarangan, minta lah petujuk dari dokter ahli kandungan.

 

Baca Juga : obat kuat dari nasa

Baca Juga : grece nasa

 

Tag Penyebab Keputihan Saat Hamil Keyword

  • obat keputihan untuk ibu hamil
  • keputihan saat hamil tua
  • cara mengatasi keputihan saat hamil
  • keputihan pada ibu hamil
  • bahaya keputihan saat hamil
  • keputihan di awal kehamilan
  • keputihan pada wanita hamil
  • ciri keputihan saat hamil muda
  • tanda hamil keputihan
  • warna keputihan saat hamil

 

Suggest Penyebab Keputihan Saat Hamil Keyword

  • keputihan saat hamil muda apakah berbahaya
  • ciri keputihan saat hamil muda
  • keputihan di awal kehamilan
  • obat keputihan untuk ibu hamil
  • keputihan saat hamil 6 bulan
  • keputihan pada ibu hamil trimester 3
  • warna keputihan saat hamil
  • keputihan saat hamil tua
  • keputihan pada ibu hamil muda
  • cara mengatasi keputihan pada ibu hamil
  • penyebab keputihan saat hamil 5 bulan
  • keputihan pada wanita hamil 6 bulan
  • keputihan pada ibu hamil trimester 3
  • ibu hamil keputihan berwarna kuning
  • bahaya keputihan saat hamil 8 bulan
  • keputihan gatal saat hamil 8 bulan